KaltimExpose.com, Samarinda –  Sejak tahun lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda telah mengintensifkan revitalisasi kawasan Citra Niaga, sebuah langkah strategis untuk menambah daya tarik wisata dan meningkatkan roda perekonomian kawasan tersebut. Citra Niaga, yang telah menjadi primadona oleh-oleh khas bagi wisatawan selama puluhan tahun, kini tampil dengan wajah baru yang lebih cantik dan modern.

Salah satu daya tarik utama dari revitalisasi ini adalah jalur pedestrian yang nyaman dengan lantai bercorak Ulap Doyoq khas Kalimantan di sisi Jalan Niaga Utara. Jalur ini didesain ramah disabilitas, dilengkapi dengan lampu hias, petunjuk lokasi yang estetis, serta fasad ruko yang mulai diseragamkan. Pembenahan tidak hanya berhenti di Jalan Niaga Utara; pada tahun ini, Pemkot Samarinda fokus pada revitalisasi Jalan Aga Khan.

Walikota Samarinda, Andi Harun, melaporkan bahwa progres revitalisasi Citra Niaga telah mencapai 55 persen. “Nanti akan ada rehabilitasi beberapa fasum (fasilitas umum) seperti gardu pandang, Kantor Unit Citra Niaga, termasuk mushola,” sebut Andi Harun.

Lebih lanjut, Andi Harun menjelaskan bahwa pembenahan bagian atap sudah hampir rampung dan drainase di Jalan Aga Khan juga akan dibenahi. Setelah proses pembenahan di kawasan tersebut tuntas, orang nomor satu di Samarinda ini memastikan bahwa pihaknya akan melakukan pembinaan kepada sejumlah pemilik usaha di kawasan ini. Harapannya, agar jumlah kunjungan baik dari warga lokal maupun luar daerah Samarinda meningkat secara signifikan.

“Sehingga proses keinginan kita terkait perekonomian semakin meningkat dan berkembang. Sistemnya juga akan kita buat supaya semua menjadi tertata rapi,” ujarnya optimis.

Tak berhenti di situ, di tahun 2025 mendatang, Pemkot Samarinda juga berencana menyulap gedung tua Plaza 21 menjadi kantong parkir. “Sebagai tempat parkir pengunjung Citra Niaga, sebagai sarana pendukung. Agar kawasan Citra Niaga yang sudah diperbaiki ini menjadi lengkap,” tutup Andi Harun.

Nantinya, gedung Plaza 21 ini tidak hanya akan berfungsi sebagai kantong parkir, tetapi juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti kafe atau tempat makan. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati pengalaman berbelanja yang lebih nyaman dan lengkap.

Revitalisasi Citra Niaga ini merupakan langkah penting bagi Samarinda dalam memperkuat daya tarik wisata dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan wajah baru yang modern dan fasilitas yang lebih lengkap, Citra Niaga diharapkan akan menjadi destinasi unggulan yang menarik lebih banyak pengunjung, baik dari dalam maupun luar kota. “Kaltim Expose” akan terus memberikan informasi terkini, akurat, dan terpercaya mengenai perkembangan revitalisasi ini dan berbagai berita lainnya seputar Kalimantan Timur.

 


Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan