KaltimExpose.com, Tenggarong –  Sebuah respons cepat dan koordinasi yang efektif antar lembaga berhasil memadamkan kebakaran lahan yang berpotensi meluas di RT 10, Desa Bunga Putih, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kebakaran yang terjadi pada awal minggu ini, tidak meluas berkat kerja keras tim gabungan.

Kerjasama antara Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Tim Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) memainkan peran krusial dalam menangani api yang sempat mengancam keselamatan wilayah sekitar. “Karhutla berhasil dipadamkan setelah tim gabungan berjibaku selama beberapa jam,” ungkap Serka Joko Supaat, anggota Tim Gabungan yang juga Babinsa Koramil 0908-02/Muara Badak, Kodim 0908/Bontang.

Menurut Serka Joko, kebakaran lahan di Kutai Kartanegara sering terjadi selama musim panas terakhir ini, yang diperparah oleh kondisi lahan yang kering dan angin kencang yang mempercepat penyebaran api. “Kami menggunakan mobil pemadam kebakaran dan juga melakukan pemadaman secara manual untuk mengatasi kebakaran ini,” lanjutnya dalam rilis yang dikirim Penerangan Korem 091/ASN di Samarinda.

Kebakaran tersebut, yang terjadi di lahan milik warga, mendapat perhatian khusus dari tim pemadam karena potensinya yang dapat merembet ke area lain jika tidak segera diatasi. Upaya pemadaman yang cepat dan efektif ini merupakan bagian dari strategi menyeluruh untuk mengurangi risiko dan dampak Karhutla di region tersebut.

Selain itu, Serka Joko juga menekankan pentingnya kerjasama masyarakat dalam upaya pencegahan kebakaran. Ia mengajak petani dan pekebun untuk menghindari pembakaran saat membersihkan atau membuka lahan. “Kami akan terus melakukan sosialisasi dan upaya pencegahan, serta siap untuk pemadaman ketika diperlukan,” tegas Joko.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan, jumlah titik panas di Kabupaten Kutai Kartanegara mengalami penurunan dari 13 titik menjadi 12 titik dari hari sebelumnya. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dalam upaya pengendalian kebakaran di area tersebut.

Dengan kerja sama yang solid antara Babinsa, tim Siaga Karhutla, dan dukungan masyarakat, Kutai Kartanegara berupaya keras untuk memastikan kejadian serupa dapat dihindari atau ditanggulangi dengan cepat di masa yang akan datang.

 

Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan