KaltimExpose.com, Samarinda –  Kota Samarinda mengalami perubahan signifikan dalam dua tahun terakhir, mulai dari berkurangnya intensitas banjir, penataan bantaran Sungai Karang Mumus (SKM), percepatan megaproyek terowongan Gunung Manggah, hingga revitalisasi Citra Niaga dan Pasar Pagi. Di antara proyek-proyek tersebut, Teras Samarinda tahap I di Jalan Gajah Mada, yang terletak tepat di depan kantor Gubernur Kaltim, menjadi sorotan utama masyarakat.

Proyek yang diharapkan menjadi ikon baru Kota Samarinda ini seharusnya selesai pada akhir tahun 2023 lalu. Namun, hingga kini, proyek tersebut masih belum rampung dan diselimuti pagar. Hal ini menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat mengenai kapan proyek ini akan selesai dan bisa dinikmati.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengakui adanya keterlambatan dalam pembangunan Teras Samarinda tahap I yang memiliki nilai kontrak sebesar Rp 36,9 miliar. Beliau menyebut keterlambatan ini sebagai pekerjaan rumah (PR) bagi Pemkot Samarinda.

Andi Harun sebelumnya telah memberikan perpanjangan waktu kepada kontraktor hingga empat kali. Saat ini, ia menegaskan bahwa toleransi akhir yang diberikan kepada kontraktor pelaksana berlaku hingga bulan Juli mendatang.

“Dalam rentang Juli harus sudah selesai. Kecuali Juli nanti mereka tidak bisa penuhi baru kita bicara yang lain lagi,” ujar Andi Harun.

Meskipun demikian, Andi Harun tetap optimistis bahwa dengan memberikan kesempatan tambahan, kontraktor dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih fokus.

“Kita harus optimistis, lebih baik kita memberi kesempatan kepada mereka agar pekerjaannya fokus, toh masih satu bulan lagi waktu mereka,” tuturnya.

Selain itu, Andi Harun mengungkapkan bahwa Pemkot Samarinda akan melanjutkan proyek Teras Samarinda ke tahap II, yang mencakup segmen Jalan Gajah Mada hingga depan kawasan Masjid Raya Darussalam.

“Tetap berjalan, karena tidak ada masalah sebab beda lokasi. Tidak saling mempengaruhi kok,” pungkasnya.

 

Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan