KaltimExpose.com, Samarinda –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan Lomba Cipta Karya Maskot dan Jingle dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Saat penjaringan ditutup pada tanggal 17 April, tercatat total 31 peserta yang berpartisipasi dalam kedua kompetisi tersebut.

Abdul Qoyim Rasyid, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, menyatakan bahwa lomba ini bertujuan untuk membangkitkan semangat partisipasi pemilih. Dengan 20 karya maskot dan 11 jingle yang telah dikirimkan, kompetisi ini berhasil menarik minat peserta.

Proses penjurian dijadwalkan berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 April 2024, dengan pengumuman pemenang pada tanggal 21 April 2024. Para pemenang akan menerima hadiah total sebesar Rp35 juta, dengan juara pertama pada kedua kategori, maskot dan jingle, masing-masing akan menerima Rp10.000.000, juara kedua Rp5.000.000, dan juara ketiga Rp2.500.000.

Peserta lomba tidak dikenakan biaya apapun dan diperbolehkan mengirimkan hingga dua karya terbaik yang orisinal dan bebas dari unsur SARA. Karya pemenang akan menjadi hak milik KPU Kaltim dan akan digunakan untuk sosialisasi Pilkada Kaltim 2024.

Dalam lomba cipta karya maskot, objek yang dijadikan maskot harus mencerminkan ciri khas Kalimantan Timur, seperti situs bersejarah, warisan budaya, flora, atau fauna. Sedangkan untuk lomba jingle, karya harus berbahasa Indonesia dan boleh dikombinasikan dengan bahasa daerah Kaltim.

Qoyim berharap lomba ini dapat melahirkan maskot dan jingle yang kreatif dan inovatif, serta mampu mewakili semangat demokrasi dan kekhasan daerah dalam rangkaian Pilkada Serentak 2024. Semoga inisiatif ini dapat menginspirasi partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi.

 

Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan