KaltimExpose.com, Balikpapan –  Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Balikpapan kembali menggelar acara tahunan Job Market Fair (JMF) 2024 di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) Dome pada 10-11 Juli 2024. Acara ini menyediakan 1.781 formasi atau lowongan kerja (loker) dari berbagai perusahaan dan sektor.

Terdapat 52 jenis posisi yang ditawarkan oleh 100 perusahaan yang berpartisipasi dalam JMF 2024 ini. Lowongan kerja tersebut mencakup berbagai tingkat pendidikan, dengan rincian 36 lowongan untuk lulusan SMP, 1.158 lowongan untuk lulusan SMA/SMK, 247 lowongan untuk lulusan D3, dan 340 lowongan untuk lulusan S1.

Kepala Disnaker Balikpapan, Ani Mufaidah, mengungkapkan bahwa hingga saat ini, sebanyak 1.500 pencari kerja telah melakukan registrasi secara online. “Kalau tahun lalu yang daftar online 1.500-an pencaker, nanti di hari kedua bisa sampai di atas 2.000 pelamar,” kata Ani pada Selasa (11/7/2023).

Ani juga menyoroti pentingnya AK-1 atau kartu kuning sebagai persyaratan utama dalam JMF ini. Untuk memudahkan para pencaker, Disnaker Balikpapan menyediakan stand khusus untuk pengurusan AK-1. Namun, bagi pencaker dari luar kota, diperlukan surat keterangan domisili dari kelurahan setempat untuk mengurus AK-1 di Balikpapan. “Kalau tidak memiliki surat keterangan domisili, kami tidak bisa mengeluarkan kartu AK-1 sehingga pencaker harus melengkapi persyaratan AK-1 dari daerah asalnya,” jelasnya.

Yang istimewa pada gelaran Job Market Fair 2024 ini, Disnaker Balikpapan menyediakan formasi khusus bagi penyandang disabilitas. Misalnya, Alfamart menyediakan 15 kuota khusus bagi difabel. Selain itu, JMF 2024 juga membuka peluang bagi pekerja penempatan imigran ke negara Polandia dan Bulgaria, dengan kuota hingga 50 orang.

Acara ini menjadi kesempatan emas bagi pencari kerja dari berbagai latar belakang pendidikan dan kemampuan untuk menemukan pekerjaan yang sesuai. Dengan berbagai kemudahan yang disediakan, termasuk pengurusan AK-1 dan formasi khusus bagi penyandang disabilitas, JMF 2024 diharapkan dapat memberikan solusi bagi masalah ketenagakerjaan di Balikpapan.

 


Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan