KaltimExpose.com, Samarinda –  Hujan deras yang mengguyur Kota Samarinda pada Kamis (4/7/2024) kemarin menyebabkan banyak kawasan tergenang air, termasuk Perpustakaan Daerah Kalimantan Timur yang berada di Jalan Ir H Juanda Samarinda. Banjir kali ini cukup parah sehingga lantai dasar perpustakaan tersebut terendam air.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, M Syafranuddin, menyatakan bahwa hujan dengan curah tinggi menyebabkan gedung DPK Kaltim kembali dilanda banjir. “Gedung DPK Kaltim kembali dilanda banjir karena curah hujan yang ekstrem. Sejumlah fasilitas layanan di lantai dasar terendam air, namun berkat kesigapan para pekerja, semua sarana dan prasarana serta rak buku berhasil diamankan,” kata Syafranuddin, mengutip dari Antaranews.com, Jumat (5/7/2024).

Banjir mulai menggenangi gedung DPK Kaltim yang berada di kawasan dataran rendah sekitar pukul 16.50 WITA. Debit air yang naik perlahan-lahan membuat beberapa pengunjung perpustakaan panik. Petugas segera membantu para pengunjung untuk meninggalkan gedung dengan aman.

“Banjir menggenangi area ruang perpustakaan anak, ruang otomasi, ruang majalah dan terbitan berkala, hingga halaman dan area parkir belakang DPK Kaltim,” jelas Syafranuddin.

Syafranuddin menjelaskan bahwa banjir bukanlah hal baru bagi gedung DPK Kaltim. Tahun demi tahun, pihaknya selalu dihadapkan dengan persoalan banjir ini. DPK Kaltim terus berupaya mencari solusi permanen untuk mengatasi masalah tersebut, termasuk opsi untuk memindahkan gedung ke lokasi yang lebih layak.

“Diharapkan dengan sinergi dan upaya bersama, persoalan banjir di DPK Kaltim dapat segera teratasi sehingga layanan perpustakaan dan kearsipan dapat berjalan dengan optimal,” ujar Syafranuddin.

Hari ini, layanan perpustakaan mengalami gangguan karena pasca banjir, petugas harus melakukan pembersihan dan mengembalikan barang pada tempatnya. “Petugas kami akan melakukan pembersihan pada area yang terendam banjir. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” tutup Syafranuddin.


Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan