KaltimExpose.com, Samarinda –  Dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UKM) Provinsi Kalimantan Timur menggelar serangkaian acara yang bertujuan untuk mengajak konsumen menjadi lebih kritis dan cerdas dalam bertransaksi. Acara puncak peringatan ini berlangsung di Gedung Gallery UMKM, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, pada Minggu, 26 Mei 2024.

Peluncuran Gallery UMKM dan Harkonas Fest

Perayaan Harkonas tahun ini dimeriahkan dengan peluncuran Gallery UMKM dan berbagai kegiatan menarik seperti Fun Run, Pound Fit, Lomba Video, Bazar & UMKM, serta Talkshow. Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan hak dan kewajiban mereka serta mendorong perilaku bertransaksi yang lebih bijak dan kritis.

Sambutan Kepala Disperindagkop UKM Kaltim

Dalam sambutannya, Kepala Disperindagkop UKM Kaltim, Heni Purwaningsih, menyampaikan bahwa tema Festival Hari Konsumen Nasional ke-12, “Konsumen Kritis, Cerdas Bertransaksi”, sangat relevan dengan semangat peringatan Harkonas. “Tema ini menekankan pentingnya bagi konsumen untuk lebih sadar akan produk dan layanan yang mereka beli, serta kemampuan mereka untuk membuat keputusan yang tepat dan bijak dalam bertransaksi,” ujarnya.

Heni juga menekankan bahwa tujuan festival ini adalah untuk melindungi hak-hak konsumen tanpa mencederai pelaku usaha, sebagaimana diamanatkan oleh UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Ia menyatakan bahwa festival ini juga mengukur kemampuan konsumen dalam melindungi hak-hak mereka, sementara pelaku usaha harus bertanggung jawab atas produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Galeri Etam Nusantara: Komitmen Produk Berkualitas

Keberadaan Galeri Etam Nusantara merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dan UKM dalam menghadirkan produk-produk berkualitas dan unggul. UKM Kalimantan Timur siap menyambut ibu kota negara baru dengan menawarkan produk-produk yang mampu bersaing dan memiliki daya tarik tersendiri. Galeri ini diharapkan dapat menjadi etalase produk lokal yang membanggakan dan memikat konsumen dari berbagai daerah.

Pembukaan Resmi oleh Pj. Gubernur Kaltim

Pj. Gubernur Kaltim, Akmal Malik, secara resmi membuka acara Harkonas Fest 2024. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan rasa syukur atas perayaan Hari Konsumen Nasional 2024 di Kaltim yang dirayakan dengan penuh kebersamaan. Akmal menekankan pentingnya komitmen untuk mendorong konsumsi produk lokal agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Kita ditakdirkan hidup di sini dan mengonsumsi semua produk lokal. Kita punya tanggung jawab bersama untuk membesarkan produk-produk yang telah kita konsumsi selama puluhan tahun,” ujar Akmal Malik.

Ia juga menambahkan bahwa konsumen di Kaltim sudah cerdas dan jeli, serta pentingnya mendorong inovasi dan kompetisi di kalangan pelaku usaha untuk terus meningkatkan kualitas produk mereka.

Mendorong Konsumen dan Pelaku Usaha

Festival ini tidak hanya mempromosikan produk lokal, tetapi juga mengedukasi konsumen tentang pentingnya menjadi kritis dan cerdas dalam bertransaksi. Konsumen yang cerdas akan memilih produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka, sementara pelaku usaha akan terdorong untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk mereka agar tetap kompetitif di pasar.

Dengan adanya acara seperti Harkonas Fest, diharapkan masyarakat Kaltim semakin menghargai produk-produk lokal dan pelaku UMKM semakin termotivasi untuk berinovasi. Sinergi antara konsumen yang kritis dan pelaku usaha yang bertanggung jawab akan menciptakan ekosistem ekonomi yang sehat dan berkelanjutan di Kalimantan Timur.

 

Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan