KaltimExpose.com, Sangatta –  Dalam upaya meningkatkan pelayanan pendidikan di Kabupaten Kutai Timur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim telah mengambil langkah strategis dengan membangun sekolah dasar (SD) baru di beberapa lokasi. Langkah ini diambil sebagai respons atas meningkatnya kebutuhan akan fasilitas pendidikan yang memadai di wilayah tersebut.

Pada tahun 2023, Disdikbud Kutim telah berhasil membangun tiga SD baru yang kini telah beroperasi dengan siswa-siswinya masing-masing. Ketiga SD tersebut adalah SDN 014 Sangatta Utara di Jalan Mujur Jaya, SDN 015 Sangatta Utara di arah Pantai Kenyamukan, dan SDN 09 Rantau Pulung di Desa Mukti Jaya.

Mengikuti kesuksesan pembangunan sebelumnya, tahun ini Disdikbud Kutim kembali membangun tiga SD baru yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Kepala Disdikbud Kutim, Mulyono, menyatakan bahwa pembangunan ketiga SD tersebut diharapkan selesai pada akhir tahun ini sehingga dapat segera ditempati. “Di tahun ini, ada 3 SD lagi yang kita bangun, sementara sedang proses pembangunan, rencananya akhir tahun sudah bisa ditempati,” ungkapnya pada Minggu (7/7/2024).

Ketiga SD yang tengah dibangun di tahun 2024 ini adalah SDN 016 Sangatta Utara yang berlokasi di Jalan Dayung, SDN 017 Sangatta Utara di Kawasan Guru Besar, dan SDN 014 Sangatta Selatan di Kawasan Sungai Sirap. Saat ini, para siswa dari ketiga SD tersebut masih menumpang di beberapa sekolah terdekat, yaitu:

  1. SDN 016 menumpang di SDN 02 dan SDN 04 Sangatta Utara
  2. SDN 017 Sangatta Utara menumpang di SDN 07 dan SDN 011 Sangatta Utara
  3. SDN 014 Sangatta Selatan menumpang di SDN 02 Sangatta Selatan

Mulyono juga menyampaikan bahwa untuk mengatasi overload saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Disdikbud Kutim berencana membangun ruang kelas baru (rombel) sebagai solusi sementara. “Untuk pembangunan SMP Negeri baru rencananya di tahun depan alias tahun 2025, sementara ini untuk mengatasi overload PPDB kami bangunkan rombel baru,” imbuhnya.

Selain itu, Disdikbud Kutai Timur juga tengah mengusulkan pengadaan lahan untuk pembangunan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri oleh Pemprov Kaltim. Hal ini sebagai upaya untuk mengatasi masalah kapasitas sekolah yang sering kali overload saat PPDB. Pembangunan SMA dan SMK Negeri ini direncanakan berlokasi di Kecamatan Sangatta Selatan dengan masing-masing satu sekolah.

“Mereka (Disdikbud Kaltim) siap-siap saja membangun, ternyata hanya terkendala lahan, nah tahun ini kami akan membuka lahan untuk pembangunan SMA dan SMK Negeri tersebut,” jelas Mulyono.

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Disdikbud Kutai Timur dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas pendidikan di wilayahnya. Dengan adanya pembangunan SD, SMP, SMA, dan SMK baru, diharapkan kebutuhan pendidikan masyarakat dapat terpenuhi dengan lebih baik, sehingga menciptakan generasi muda yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

 


Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan