KaltimExpose.com, Balikpapan –  Menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Balikpapan mengajak para Ketua Rukun Tetangga (RT) untuk berperan aktif dalam mensukseskan jalannya Pilkada. Hal ini disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Balikpapan, Dedy Irawan, dalam acara Sosialisasi Pengawasan Pilkada 2024 yang digelar pada Kamis (4/7/2024).

Acara sosialisasi ini bertema “Peran RT dalam Mewujudkan Pilkada Damai dan Berintegritas” dan dihadiri oleh sekitar 200 Ketua RT dari enam kecamatan dan 34 kelurahan se-Kota Balikpapan. Dalam sosialisasi tersebut, Dedy Irawan menegaskan bahwa program ini bertujuan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk RT, dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada Balikpapan 2024.

“Kami agendakan mereka untuk turut serta melakukan proses pengawasan selama penyelenggaraan Pilkada Balikpapan 2024. Karena bagaimanapun mereka adalah ujung tombak dalam penegakkan demokrasi, khususnya di Balikpapan,” ujar Dedy saat ditemui oleh Nomorsatukaltim seusai acara.

Dedy Irawan menambahkan bahwa RT memiliki peran krusial dalam sosialisasi keberadaan kelembagaan Bawaslu, tugas dan kewenangan Bawaslu di lapangan, serta pencegahan pelanggaran. “Setidaknya mereka turut serta melakukan pencegahan pelanggaran, baik itu pelanggaran administrasi maupun pidana yang berpotensi terjadi di lingkungan terdekat mereka,” jelasnya.

Selain itu, Dedy berharap para Ketua RT dapat menjadi pelapor dugaan pelanggaran atau bertindak sebagai saksi jika diperlukan.

Komisioner KPU Balikpapan, Suhardy, juga hadir dalam acara tersebut dan menekankan pentingnya peran RT dalam meningkatkan partisipasi pemilih. “Peran RT dalam mewujudkan pilkada damai dan berintegritas sangat krusial. Kalau RT rajin melakukan sosialisasi, kemungkinan tingkat partisipasi pemilih Pilkada Insya Allah cukup tinggi,” tutur Suhardy.

Menurut Suhardy, acara sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Balikpapan 2024. “Tentu kami berharap para ketua RT ini dapat meneruskan sosialisasi ini kepada warganya dan turut mengawasi pelaksanaan Pilkada yang damai dan berintegritas,” pungkasnya.

Dengan partisipasi aktif dari para Ketua RT, diharapkan Pilkada Balikpapan 2024 dapat berjalan dengan lebih baik, damai, dan berintegritas. Keterlibatan semua pihak, terutama di tingkat akar rumput, sangat penting dalam menciptakan proses demokrasi yang sehat dan transparan.

 


Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan