KaltimExpose.com, Balikpapan –  Kota Balikpapan tengah bersiap menyambut kedatangan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XVII yang akan berlangsung mulai tanggal 1 hingga 6 Juni 2024. Dalam rangka menyongsong acara bergengsi ini, Pemerintah Kota Balikpapan mengajak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat untuk turut serta berperan aktif.

Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, memberikan imbauan kepada para pelaku UMKM untuk menjaga kualitas makanan yang mereka tawarkan. “Kuliner kita akan menjadi catatan yang baik bagi tamu yang hadir dari seluruh daerah di Indonesia, sehingga mereka akan selalu berkunjung ke Kota Balikpapan,” ujarnya, menekankan pentingnya menjaga standar kualitas kuliner yang ditawarkan.

Selain itu, dalam menjelaskan kegiatan Rakernas, Wali Kota Rahmad Mas’ud juga mengingatkan seluruh masyarakat Balikpapan untuk tetap menjaga kondusifitas kota. Mengingat peran strategis Balikpapan sebagai barometer dan tolak ukur dalam konteks Ibu Kota Nusantara (IKN), Rahmad Mas’ud menegaskan pentingnya menampilkan yang terbaik sebagai tuan rumah.

Menjaga kebersihan kota juga menjadi fokus utama. Meskipun masih ada kekurangan, Balikpapan telah diakui sebagai kota terbersih di Indonesia berdasarkan penilaian pemerintah pusat. “Ini bukan hanya kerja dari perangkat di lingkungan pemerintah kota saja, tetapi ini kolaborasi, sinergi kita dengan masyarakat dan seluruh stakeholder di Kota Balikpapan,” katanya.

Dalam hal pembiayaan, Rahmad Mas’ud mengungkapkan bahwa pelaksanaan Rakernas APEKSI ke-XVII ini didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan sebesar Rp 16 miliar. Namun, dia optimis bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi kota, bahkan dengan estimasi dampak ekonomi mencapai Rp 47 miliar.

“Dengan semangat kolaborasi antara pemerintah kota, pelaku UMKM, dan masyarakat, Balikpapan siap menyambut para tamu Rakernas APEKSI 2024 dan menunjukkan pesona serta potensi kota ini sebagai bagian dari IKN yang baru,” tandasnya.

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Balikpapan bersemangat untuk menjelma sebagai tuan rumah yang memukau dan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi semua peserta Rakernas APEKSI 2024.

 

Update Berita Kaltim gak harus ribet! Yuk, ikuti Saluran Whatsapp Kaltim Expose dan google news Kaltim Expose untuk dapetin informasi terbaru dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Iklan